Laman

Selasa, 19 Juli 2011

Belajar Linux dari 0

Tutorial
Ubuntu merupakan salah satu distribusi Linux yang berbasiskan Debian. Proyek Ubuntu resmi disponsori oleh Canonical Ltd yang merupakan perusahaan milik seorang kosmonot asal Afrika Selatan Mark Shuttleworth. Nama Ubuntu diambil dari nama sebuah konsep ideologi di Afrika Selatan, "Ubuntu" berasal dari bahasa kuno Afrika, yang berarti "rasa perikemanusian terhadap sesama manusia". Tujuan dari distribusi Linux Ubuntu adalah membawa semangat yang terkandung di dalam Filosofi Ubuntu ke dalam dunia perangkat lunak. Ubuntu adalah sistem operasi lengkap berbasis Linux, tersedia secara bebas dan mempunyai dukungan baik yang berasal dari komunitas maupun tenaga ahli profesional.

Ubuntu mempunyai filosofi sebagai berikut :
bahwa perangkat lunak harus tersedia dengan bebas biaya
bahwa aplikasi perangkat lunak tersebut harus dapat digunakan dalam bahasa lokal masing-masing dan untuk orang-orang yang mempunyai keterbatasan fisik, dan
bahwa pengguna harus mempunyai kebebasan untuk mengubah perangkat lunak sesuai dengan apa yang mereka butuhkan.

Perihal kebebasan inilah yang membuat Ubuntu berbeda dari perangkat lunak berpemilik (proprietary); bukan hanya peralatan yang Anda butuhkan tersedia secara bebas biaya, tetapi Anda juga mempunyai hak untuk memodifikasi perangkat lunak Anda sampai perangkat lunak tersebut bekerja sesuai dengan yang Anda inginkan.

Setiap rilis mempunyai nama kode dan nomor versi. Nomor versi berdasarkan tahun dan bulan dari rilis. Sebagai contoh, rilis Ubuntu yang pertama, 4.10, dirilis tanggal 20 Oktober 2004. Rilis ubuntu keluar setiap 6 bulan sekali tiap bulan April dan Oktober. Rilis ubuntu biasanya terdiri dari berbagai edisi, yaitu edisi Desktop, Server, dan Netbook. Perbedaan mendasar pada ketiganya adalah pada versi desktop terdapat tampilan desktop manager sedangkan pada edisi server tidak ada, hanya command prompt saja.
Release code Ubuntu terdiri dari dua kata yang berupa adjective (kata sifat) yang diikuti dengan nama hewan yang disusun secara alphabetis setiap rilisnya, kecuali versi 6.06 ke bawah (4.10; 5.04; 5.10). Misalnya Hardy Heron, terdiri dari kata sifat hardy (Bold; brave; stout; daring; resolute; intrepid.[1913 Webster]) dan heron (sejenis burung).

CD Ubuntu dapat diperoleh secara bebas/gratis dalam bentuk iso maupun kepingan cd melalui shipit. Bagi pengguna Internet di Indonesia dapat mengunduh berkas Ubuntu lebih cepat dari cermin-cermin yang ada di Indonesia dibandingkan mengunduh dari situs luar.
Di Indonesia, terdapat komunitas Ubuntu yang di sebut dengan LoCo Team. Lihat juga:
Milis "Ubuntu-id"
Halaman Web Ubuntu-id
Halaman Wiki Ubuntu-id
Halaman Blog Ubuntu-id
Planet Ubuntu-id
Referensi:
http://id.wikipedia.org/wiki/Ubuntu
Buku Belajar Linux

http://ubuntu-indonesia.com/public/InstalasiUbuntuDesktop10.04.LTS.pdf.zip
http://ubuntu-indonesia.com/public/DesktopEnviroinment.pdf.zip
http://ubuntu-indonesia.com/public/OptimalisasiUbuntuLinux.pdf.zip
http://ubuntu-indonesia.com/public/Tips&TrikUbuntu.pdf.zip
http://ubuntu-indonesia.com/public/BerinternetdenganUbuntu.pdf.zip
http://ubuntu-indonesia.com/public/AplikasiUbuntu.pdf.zip
Panduan Pembuatan Paket Ubuntu
Panduan Desktop Kubuntu
Panduan Desktop Xubuntu
Bekerja dengan desktop Anda
id-campcaster.pdf
install-webserver
CMS-CRM-ERP
CMS (uli).pdf22-Mar-2011 13:55 2.8M


[   ]CRM (uli).pdf22-Mar-2011 13:55 1.4M


[   ]ERP (uli).pdf22-Mar-2011 13:55 900K


[   ]cover-cms-crm-erp.pdf22-Mar-2011 13:55 349K


[   ]daftar-isi-CMS-CRM-ERP.pdf

Azzahra Prima Ayudea Lestarii
kk maaf nanya dong contoh program linux, kya gmn yaa ?
thanks k sblmnya :)
Software yang bisa bekerja di windows http://www.gnu.org/software/for-windows.html software yang dikembangkan oleh GNU project dapat dilihat di http://www.gnu.org/software/ baca juga http://opensource.telkomspeedy.com/wiki/index.php/Linux_Howto
ebook-debian

Tidak ada komentar: