Laman

Jumat, 29 Juli 2011

Install Windows XP tanpa CD ROM atau USB

Berawal dari kerusakan Notebook timbulah inovasi. Inovasi berarti mencari solusi dari masalah yang timbul. Kalau tidak ada masalah otak kita tidak terpacu untuk menghasilkan inovasi. Itulah mengapa allah swt menciptakan sesuatu berpasang-pasangan. Ada siang juga ada malam. Ada penyakit juga ada obat. Ada masalah juga tidak jauh dari situ pasti ada solusi. Untuk mencapai itu semua dibutuhkan inovasi.

Notebook milik penulis sebenarnya baik-baik saja. Tetapi bahasanya setelah diinstall ulang pakai bawaan dari recovery Notebook ternyata bahasa jepang(bahasa kanji). Penulis telah berusaha ke programer Laboratorium Manjemen Menengah untuk minta tolong dengan menggunakan CD-ROM eksternal namun belum berhasil. Lalu saya ke AJC di Pondok Cina di sana diperiksa CD-ROM tidak terdeteksi "Kaca Optik CD ROM sudah rusak jadi harus beli baru di ManggaDua(toko komputer di bilangan jakarta)", kata tim reparasi AJC. Kalau boleh jujur untuk ongkos dan makan sudah Alhamdulilah kalau sehari bisa terpenuhi. Kalau di suruh beli CD ROM, bisa puasa berapa hari. Mungkin bisa buat proposal ke orangtua tapi wawancaranya itu buat kepala pusing. Maklum orangtua penulis sangat kreatif dari a sampai z bisa dibahas sampai bisa seharian. Tanpa kehabisan bahan buat omongan. Lalu selama lebih dari 6 bulan dilakukan percobaan (try and error)

PANDUAN INSTALASI WINDOWS XP TANPA CD ROM
Berbahaya/Danger
Cara ini sangat berbahaya dapat menimbulkan semua data terformat yang terletak di hardisk komputer. Untuk itu sangat diwajibkan data penting untuk dilakukan backup.
Setelah semua data telah dilakukan backup perlengkapan yang diperlukan
1. EPM(Easus Partition Manager)
Dengan menggunakan EPM buatlah partisi di hardisk selain partisi c:/ buat partisi d:/ (1024 MB)untuk tempat file-file instalation XP, dan partisi d:/ untuk hasil intalasi bisa disesuaikan dengan XP yang akan diinstall penulis menggunakan > 8GB.
2. XP 3 beserta lisensi(Lisensi cari sendiri ya, penulis tidak menyediakan)
NB: pastikan file iso Windows XP memiliki ukuran 640 mb jika kurang dari itu dipastikan itu bukan file iso windows XP melainkan hanya update windows service pack.
Setelah berhasil di download ekstrak file iso windows servic pack 3 dengan 7zip ke partisi d:/


--





Lalu klik Setup.exe di hardisk D:/

Hasil instalasi terletak di E:/ bukan di c:/ proses instalasi berlangsung lebih dari 2 jam.
Ada juga
[PDF] PANDUAN INSTALASI WINDOWS XP
Program yang biasa diinstall setelah proses Instalasi selesai
1. TuneUp Utilities 2007 merupakan software untuk membersihkan, optimasi, tweak berbagai komponen windows dan meningkatkan kinerja PC kita. Program ini mampu memberikan optimasi windows dengan cepat, efektif, serta memberikan opsi rekomendasi, kustomisasi dan menggambarkan hasil kinerja yang didapat sebelum setting di aktifkan. Pertama Download kemudian install Product Key TuneUp Utilities 2012. Name: Any Organization: Any Product Key: M8076E-27T3AN-F2MVXJ-D9FF52-63VE2X-5W8772 Setelah itu maka program dapat berjalan penuh tanpa ada pembatasan.
2. Opera
3. Foxit Reader
4. 7zip
5. yahoomassenger
Sebelumnya ebta setiawan menginstall versi 7.5, yang relatif cepat dan ringan, tetapi ketika mencoba login beberapa kali tidak berhasil. Entah ada masalah apa. Akhirnya bung ebta mengganti dengan versi 8.1 dan berhasil login. Setelah beberapa waktu menggunakan versi 8.1 ternyata lebih ringan, respon lebih cepat dan belum ada kejadian “hang” seperti sebelumnya.
6. klite codec pack

Tidak ada komentar: