Laman

Selasa, 18 Oktober 2011

Indonesian Capital Market Directory

Jika ingin memperoleh Laporan Keungan perusahaan bisa ke situs IDX dan mencarinya satu per satu. Jika ingin mudah user bisa memanfaatkan browser Google caranya ketik site:(alamat yang ingin dituju) [spasi] kode saham di sini alamatnya adalah
site:idx.co.id/Portals/0/StaticData/ListedCompanies/PerformanceSummary/
Contoh
site:idx.co.id/Portals/0/StaticData/ListedCompanies/PerformanceSummary/ BUMI
sekedar info buat agan dan aganwati lain, IDX Fact book dan IDX Statistic bisa didonlot dari BEI nya langsung
http://www.idx.co.id/Home/Publication/PerformanceSummary/tabid/148/language/id-ID/Default.aspx

http://www.idx.co.id/Home/Publication/FactBook/tabid/146/language/id-ID/Default.aspx

http://www.idx.co.id/Home/Publication/Statistic/tabid/140/language/id-ID/Default.aspx
Atau bisa juga langsung ke alamat webnya atau URL setelah slash diketik kode saham diakhiri dengan extension .pdf
idx.co.id/Portals/0/StaticData/ListedCompanies/PerformanceSummary/kodesaham.pdf
Contoh
www.idx.co.id/Portals/0/StaticData/ListedCompanies/PerformanceSummary/BUMI.pdf
Sumber: Kaskus.us (data diolah)
Di situs BEI ada suatu laporan per emiten yang mereka sebut Performance Profile dan di dalamnya antara lain memuat daftar pembayaran dividen. Tapi harus diperiksa satu per satu.
Langkah-langkah:
 1. Masuk ke alamat http://www.idx.co.id/Home/ListedCompanies/CompanyProfile/tabid/89/KODE_Q/BUMI/language/id-ID/Default.aspx
2. Ganti kode saham emiten "BUMI" pada link tersebut dengan kode emiten yang kita kehendaki.
3. Lalu klik menu Profil.
4. Setelah itu klik kanan mouse tanda panah di bawah menu Kalender.
5. Salin link-nya ke aplikasi manajer pengunduh, seperti: Download Accelerator Plus atau Internet Download Manager agar lebih cepat proses download-nya. 6. Ulangi langkah 1-5 di atas untuk setiap emiten.
 Semoga berhasil.
Sumber:
http://www.kaskus.us/showthread.php?p=366854494

Q: Apasih ICMD?
A: ICMD adalah singkatan dari Indonesia Capital Market Directory. Atau terjemahan bebasnya adalah Direktori pasar modal Indonsia.

Q: Bentuknya apa?
A: ICMD di terbitkan dalam bentuk buku (seperti kitab) dan disertai CD Soft Copy.

Q: Isinya apa?
A: ICMD memberikan ringkasan kinerja semua perusahaan2 yang terdaftar di BEI (dulu BEJ/BES). yang didalamnya ada sedikit company profil perusahaan di BEI, ringkasan laporan keuangan selama 3 tahun (neraca dan laporan laba rugi) beberapa ada rasio keuangan perusahaan,susunan manajerial, pemilik saham, underwirter dan kinerja saham perusahaan.
Q: Apakah lengkap laporan keuangnannya?
A: Menurut saya tidak selengkap laporan keuangan aslinya karena berupa ringkasan.bayangkan 1 perusahaan membuat lap keuangan dlm puluhan lembar dan diringkas menjadi 2 halaman.

Q: berarti gk bisa di percaya dong?
A: bisa, karena ICMD di buat oleh tim2 khusus utk meringkas laporan perusahaan dengan metode2 tertentu.

Q: Sama gk isi ICMD sm laporan keuangan resmi 1 perusahaan?
A: Agak berbeda karena ICMD seringkali membuat pembulatan angka seprti asset dll.

Q: siapa sih yang biasanya pake ICMD?
A: biasanya yg pake perusahaan2 utk liat perusahaan lain, investor utk melihat kinerja fundamental perusahaan, mahasiswa utk belajar laporan keuangan juga peneliti utk meneliti suatu masalah keuangan.

Q: Berapa sih harga resmi ICMD?
A: 1 buku isinya ada 3 tahun pelaporan keuangan, harga asli kira2 1jutaan termasuk soft copy.


Q: Mahal ya... trus Selain ICMD ada yg lain ada gk yg spt ICMD?
A: Tentu ada. namanya dlu Jakarta stock exchange watch sekrang mgkn jd Indonesia exchange watch (JSX Watch aatau ISX Watch) atau bisa download 1-1 di website BEI (konon udah gk bisa download lagi) namanya versi IDX atau buka web perusahaan yg di maksud dan download laporan keuangannya kadang2 suka gk ditampilin. atu datang ke pusat refrensi pasar modal di perpustakaan BEI lt 2

Q: ada gk ya kalo saya download di forum2?
A: mungkin ada tp saya belum pernah dapet. (mgkn agan lain tau.)

Ini contohnyahttp://downloads.ziddu.com/downloadfiles/15801349/ICMD.xls
ICMD2002http://downloads.ziddu.com/downloadfile/3255128/ICMD2002.zip.html
CD ICMD 2006.rar http://www.indowebster.com/profile/phingcle
2008revision

Tidak ada komentar: