Laman

Selasa, 15 November 2011

Pelanggan seluler dekati jumlah penduduk

04 Dec 2010
Bisnis Indonesia Industri


OLEH SEPUDIN ZUHRI Bisnis Indonesia

JAKARTA Asosiasi Telekomunikasi Seluler Indonesia (ATSI) memperkirakan jumlah pelanggan seluler dari operator telekomunikasi hingga akhir tahun ini akan mencapai 220 juta pelanggan atau dengan tingkat penetrasi hampir mendekati 100% dari jumlah penduduk di Tanah Air.

Ketua Umum ATSI Sarwoto At-mosutamo mengatakan dengan jumlah pelanggan dari seluruh operator di Indonesia yang kurang lebih sekitar 220 juta hinggaakhir tahun ini, maka penetrasi simcard hampir mencapai 100% dari jumlah penduduk di Tanah Air sekitar 230 juta.

"Prediksi pelanggan seluruh operator (hingga akhir 2010] kurang lebih 220 juta pelanggan. Perkiraan revenue (pendapatan] kurang lebih RpllO triliun," ujarnya kepada Bisnis, kemarin.

Perolehan seluruh operator dari seluler yang mencapai RpllO triliun dengan jumlah pelanggan 220 juta, maka perolehan rata-rata pendapatan per pelanggan {average revenue per user/ARPV) sebesar Rp500.000per tahun.

Beberapa operator telekomunikasi seperti PT Telkomsel yang terakhir telah memiliki sebanyak 93 juta pelanggan, PT Indosat Tbk sebanyak 40 juta, PT XL Axiata sekitar 39 juta, PT Bakrie Telecom lebih dari 11 juta pelanggan. Flexi 16,2 juta, Axis 7,5 juta, Tri 7,5 juta, PT Mobile Telecom Tbk (Fren) 2,5 juta, dan Smart sekitar 3 juta pelanggan.

International Data Corporation (IDC) Indonesia memperkirakan 60% penduduk Indonesia telah memiliki simcard, sehingga masih ada potensi pasar sebesar 40% yang akan diperebutkanoleh operator telekomunikasi untuk meningkatkan pelanggan.

Potensi pasar telekomunikasi yang masih dapat digarap operator sekitar 40% dari masyarakat Indonesia yang belum memiliki simcard, terutama di daerah pelosok dan kawasan timur Indonesia.

Jumlah perangkat ponsel di dunia mencapai 5 miliar dengan tingkat penetrasi sebesar 70%. Tingkat penetrasi ponsel pada 2020 diperkirakan mencapai 100%. .

Adapun 45 juta ponsel terjual setiap tahun dan diperkirakan 20%-40% pengguna ponsel secara aktif tersambung dengan koneksi Internet.
Sumber: Batavianews

Tidak ada komentar: