Laman

Jumat, 30 Maret 2012

GOOGLE TALK, telepon gratis via internet

Google Inc. meluncurkan layanan pesan instan dan sistem telepon internet berbasis web, Rabu (24/8), yang diberi nama Google talk. Langkah ini menyusul rival-rival bisnisnya, penyedia layanan serupa yang mulai marak sebagai alat komunikasi melalui internet.

Pemimpin mesin pencari data di internet ini mengumumkan skema penggabungan layanan pesan instant dengan telepon internet berbasis web untuk menambah pilihan teknologi yang disediakan di internet daripada sekedar berselancar di web.

Google Talk harus bersaing dengan empat layanan serupa yang masing-masing telah digunakan lebih dari 10 juta orang, yaitu AOL dengan AIM dan ICQ, Yahoo Inc. dengan Yahoo Messenger, Microsoft dengan MSN Messenger, dan Skype, layanan fenomenal dari Perusahaan Eropa yang baru berumur 2 tahun.

"Inilah strategi besar Google yang sempat terlewatkan untuk tampil menjadi pemain media internet yang lebih besar," kata Greg Sterling, seorang Analis dari Kelsey Group yang mengulas strategi Google dengan meluncurkan Google Talk.

Layanan ini cocok dengan Google Sidebar yang telah diperkenalkan Google minggu ini. Layanan tersebut didesain untuk membantu pengguna mengatur email, pesan instant, berita utama, dan musik. Selain itu, desain Google Talk sederhana dan bersih dari iklan, berbeda dengan fitur hingar-bingar yang disediakan layanan lainnya. "Ketika pesan instant seperti Las Vegas dengan berbagai jenis banner iklan, tentu akan sangat mengganggu," kata Sterling.

Melihat persaingan pasar yang begitu ketat, pihak Google mengatakan bahwa layanan suara tersebut akan dapat digunakan penggunanya untuk berkomunikasi dengan sistem terbuka lainnya seperti Trillian, Apple Computer Inc. iChat, dan sistem yang masih dalam pengujian EarthLink. Sebagai perbandingan AIM, Yahoo, Microsoft, dan Skype adalah sistem tertutup yang hanya dapat berkomunikasi dengan sesama sistem.

Karena pesan instant tersebut membutuhkan account Gmail, Google merasa perlu untuk membuka lebih lebar program email gratis yang saat ini hanya dapat diperoleh secara acak dan dari pemilik account Gmail. Selain itu Google Talk bekerja di atas sistem operasi Windows 2000/XP, Linux, dan Mac.

Versi ujicoba sementara dalam bahasa Inggris saja dan dapat di-download di http://www.google.com/talk/. Untuk dapat menikmati fitur telepon internet, Anda cukup menambahkan speaker dan mikrofon standar.

"Jika berhasil, layanan ini akan mengendalikan adopsi Gmail," kata George Harik, direktur Manajemen proyek untuk Google Talk. "Lebih kuat daripada e-mail, Google Talk adalah Aplikasi yang menyebar dengan cepat jadi Anda harus bergabung," imbuhnya.

Analis dan pengamat web meramalkan bahwa layanan pesan instant ini menjadi dasar untuk mendorong Google sebagai penyedia layanan telekomunikasi bergerak dan pencarian video. Versi berikutnya memungkinkan penggun Google Talk untuk berbicara dari komputer ke telepon standar atau sejenisnya seperti layanan paralel yang disediakan SkypeOut, rival layanan komunikasi komputer ke telepon saat ini. "Hal tersebut sangat mungkin tapi saya tidak dapat berkomentar terhadap masa depan produk Google ini," kata Harik.

Kombinasi layanan teks dan suara memposisikan Google untuk berkompetisi langsung dengan layanan populer Skype, yang telah digunakan oleh 51 juta pengguna. Setengah di antaranya adalah pengguna di Eropa dan sisanya di seluruh dunia. Berdasarkan data Media Matrix, di Amerika saja, American Online dengan AIM dan ICQ dipakai oleh sekitar 40 juta. Yahoo Messenger 20 juta pengguna, dan MSN Messenger 14 juta orang Kirim sms gratis lewat google mail dengan komputer. 1. Buat akun google mail 2. Klik kirim sms 3. Masukan nomor Hp kemudian tekan enter 4. Masukan nama kenalan kemudian klik simpan 5. Ketik pesan dikolom yg terbuka kemudian enter. Hanya support operator Telkomsel dan indosat. Jatah sms Anda 50 perhari dan jika terima sekali balasan maka jatah Anda bertambah 2-3 sms.

Tidak ada komentar: