Laman

Minggu, 01 Juli 2012

Mengunci folder tanpa software

Cara ini baru saya dapatkan setelah saya blogwalking dan saya nyampe di blognya mas Welly . Kemudian saya membaca artikel tentang "Membuat Folder Lock tanpa menggunakan Software", tetapi sebenarnya saya sudah lama mengetahui cara itu. Dan, yang membuat saya tertarik yaitu pada cara menguncinya. Kalau pada folder lock lain, biasanya memanfaatkan pembuatan file "desktop.ini" yang di dalamnya berisi string "CLSID=...", tetapi kali ini tidak, melainkan menggunakan command "cacls" yang ada pada windows. Jadi gini cara yang paling singkat:
1. Buka Run (Start-Run atau tekan tombol WindowsLogo+R)
2. Ketikkan "cacls (alamatfoldertarget) /p everyone:n /e" [penulisan alamat folder target sebaiknya diapit tanda petik] (contoh penggunaan : cacls "D:\Folder saya" /p everyone:n /e )
3. Klik OK

Memang, tampilan folder tidak berubah, tetapi coba anda buka folder itu (double-klik), pasti tidak akan bisa ditembus. hehehe..
Kalau ingin dinormalkan lagi, ulangi cara diatas, tetapi pada run ketikkan "cacls (alamatfoldertarget) /p everyone:f /e" [kalau untuk mengunci pake "everyone:n", kalau membuka "everyone:f"]


Kalau diatas merupakan cara singkatnya, yaitu langsung menggunakan 'Run', anda juga bisa menggunakan Command Prompt (Start-Run, ketik "cmd"), lalu ketikkan string sama persis formatnya seperti cara sebelumnya pada langkah 2. lalu enter.

Tidak ada komentar: