Laman

Kamis, 16 Agustus 2012

Aplikasi Adzan Mobile




Bulan Ramadhan tinggal beberapa hari lagi dan tentunya merupakan bulan yang sangat ditunggu-tunggu bagi kaum muslim yang selalu ingat kepadaNya. Karena di dalam Ramadhan ibadah apapun, pahalanya akan dilipatkan sepuluh kali lipat lebih berat di bandingkan bulan lainnya :) Dan begitu pula juga dengan dosa akan dilipatkan sepuluh kali lipat lebih berat dibandingkan hari biasanya :( Lalu apa persiapan Sobat menghadapai bulan yang penuh berkah tersebut ? Hmmm nggak usah jauh-jauh deh, saya akan berbagi info ringan tapi berat pahalanya, yaitu sebuah aplikasi pengingat waktu sholat yang mobile. Mulai dari dimana downloadnya sampai cara penggunaannya. Aplikasi adzan untuk ponsel sangat bermanfaat untuk mengingatkan waktu-waktu sholat agar ibadah sholat lebih tertib dan terjaga waktunya. Sholat merupakan tiang agama, kuatnya tiang penyangga berarti kuatnya sebuah bangunan keimanan. Iman yang kuat itu sulit bagi iblis untuk menggoda atau mempengaruhi dibandingkan dengan seribu orang hamba Alloh yang bodoh ( lemah iman ). Dan satu lagi sobat, amalan yang pertama kali dihisab di hari akhirot nanti adalah sholat. Jika sholatnya baik, maka semua amalan lainnya otomatis akan dihitung baik. Jika sholatnya jelek ( banyak yang tidak pada waktunya atau mungkin malah bolong-bolong dsb ) maka semua amalannya akan dihitung jelek :( Nah untuk itu manfaatkanlah ponsel sobat untuk menunjang ibadah sehari-hari. Sehingga seandainya sewaktu-waktu kita menghadap kepadaNya, kita dapat mempertanggungjawabkan semua pemberianNya meskipun itu hanyalah sebuah ponsel :)


Aplikasi adzan ini bisa didownload via PC melalui situs searchtruth.com. Juga bisa langsung lewat ponsel dengan mengetikkan pada browser : http://searchTruth.mobi atau http://wap.searchTruth.com. Aplikasi ini gratis, namun sobat wajib memiliki alamat email yang valid untuk bisa mendownloadnya. Kompatibel untuk hampir sebagian besar ponsel Java. Jika ragu sobat bisa mengecek kompatibilitas aplikasi adzan dengan ponsel disini. Setelah file Azan.zip berhasil didownload, Unzip dahulu dengan program Winzip atau lainnya. Lalu transfer Azan.jar ke ponsel via inframerah / bluetooth / kabel data. Kemudian install pada ponsel. Adapun cara penggunaan aplikasi azan adalah sebagai berikut :
1. Jalankan aplikasi azan di ponsel. Pada jendela awal pilih Option lalu klik Setting.

2. Lihat lokasi settingan saat ini. Disitu terlihat setting untuk kota Jakarta.

3. Pilih Change City. Sesuaikan dengan negara dan kota tempat sobat berada. Contoh kali ini Country = Indonesia, City = Jakarta (ID06)

4. Pilih Time Zone. Untuk wilayah Jakarta berarti GMT +07.00 atau GMT 7.0

5. Pilih Calculation Methods. Yang paling mendekati jadwal sholat wilayah Jakarta dan sekitarnya adalah Umm Al-Qura.

6. Pilih Set Prayer Alert. Centang sholat mana saja yang akan disetting azan otomatisnya. Sebaiknya centang semuanya ;)

7. Pilih Select Azan Sound. Ini tergantung selera masing-masing. Bisa coba didengarkan terlebih dahulu dengan klik Play. Setelah memilih suara azan jangan lupa di Save.

8. Pilih Minimize Option. Pilihan untuk menampakkan aplikasi ketika waktu azan atau tidak menampakkannya.

9. Pilih Minutes Adjustment. Metode penghitungan Umm Al-Qura yang tadi dipilih tidaklah terlalu tepat. Ada selisih lebih satu menit untuk sholat tertentu bahkan selisih 20 menit untuk Isya’. Contoh kali ini untuk wilayah Jakarta ( maaf karena saya tinggal di Jakarta, jadi ya mohon maklum :D ) Fajr : 0, Dhuhr : 0, Asr : -1, Maghrib : -1, Isha : -20 lalu klik Save. Penyesuaian waktu wilayah lain di Indonesia bisa sobat lihat di alamat ini.

10. Pilih Volume Control. Sesuaikan dengan selera sobat masing-masing.

11. Pilih Hours Format. Sesuai selera juga ya sobat ;)

12. Keluarlah ke jendela Option. Disitu terlihat ada program penunjuk arah sholat atau kiblat. Lengkap bukan ?

13. Masih di jendela Option, aktifkan aplikasi azan ini dengan mengklik Minimize. Selesai. Oh ya aplikasi ini juga bisa untuk pengingat waktu berbuka puasa lho :)

Akhir kata tak lupa saya memohon maaf kepada para pembaca dan pengunjung apabila selama saya mengelola blog ini ada tulisan, gambar atau hal lainnya yang menyinggung, menghina atau membuat kesal dan marah. Juga sebaliknya saya akan membuka pintu maaf yang selebar-lebarnya jika ada dari sobat sekalian yang sengaja atau tidak memberikan komentar yang membuat saya marah dan kesal. Tapi nggak termasuk hutang lho :mrgreen: Semua ini saya lakukan agar semoga kita bisa beribadah di bulan Ramadhan dengan hati bersih sehingga bisa lebih meningkatkan amalan kebaikan dan menjauhi dosa-dosa. Aamiiin.
Download http://www.searchtruth.com/mobile/azan/download_mobile_azan.php

Tidak ada komentar: