Laman

Rabu, 19 Desember 2012

Bagian 1 - Apa dan Kenapa Excel ?

Apa itu Excel ? 
Microsoft Office Excel atau sering disebut Excel saja adalah software atau program komputer spreadsheet yang paling populer digunakan di dunia saat ini. Spreadsheet sendiri adalah tipe software dimana kita bisa memasukkan berbagai data dalam bentuk tabular (table).



Lalu kenapa Excel begitu populer dan hampir dipastikan setiap kantor di dunia ini menggunakannya ?

Jawabannya selain karena sangat mudah digunakan, Excel sudah terbukti banyak manfaatnya untuk berbagai keperluan seperti dipaparkan berikut ini.

Manfaat-manfaat Excel

  1. Menyimpan, Mengolah dan Menganalisa Data Angka : Kita dapat menggunakan Excel untuk memasukkan data kas, membuat laporan keuangan , menghitung angsuran pinjaman, merencanakan anggaran, menganalisa data penjualan dalam bentuk pivot, dan lain-lain.

  2. Membuat Grafik dan Diagram : Excel dapat kita gunakan untuk membuat chart yang sangat ekspresif seperti line chart, bar chart, pie chart, spark lines, dll. Komponen ini ditambah berbagai diagram visual yang dapat menjelaskan data dan proses dengan lebih baik.

  3. Mengimpor Data dari Sumber Lain : Anda ingin mengambil data dari text file ? Atau file DBF dari aplikasi Clipper Anda ? Atau database dari software populer seperti MySQL atau MSSQL ? Anda dapat melakukannya dengan mudah di Excel.

  4. Membuat Form dan Aplikasi Kompleks : Untuk tingkat lanjut, Excel dapat dikembangkan menjadi form entri yang memiliki fungsi tambahan seperti otomatisasi, mengimpor halaman web, mengirim email secara otomatis, dan lain-lain. Hal ini dimungkinkan karena  adanya macro dan script programming yang ditanamkan di dalamnya.

Kesimpulan

Nah, semoga sudah terbayangkan oleh Anda kemampuan Excel yang luar biasa ini - menjadikannya sebagai program komputer yang bisa diklaim paling dibutuhkan di lingkungan kerja, mulai dari tingkat penggunaan biasa sampai dengan tingkat mahir.

Dengan kebutuhan akan Excel yang sedemikian tinggi, meluangkan waktu untuk mempelajarinya adalah salah satu investasi yang baik.

Tidak ada komentar: