Laman

Senin, 17 Desember 2012

Optimalisasi Services.MSC windows

Halo selamat sore para pembaca yang budiman.
Tulisan Go….!!!! BLOG kali ini mengetengahkan bagaimana cara meng-optimasi Service-service yang terdapat pada Windows XP.
Sebagaimana yang kita tahu, Service pada Windows XP bagaikan sebuah mesin bagi keseluruhan sistem Windows. Tapi sebenarnya ada beberapa Service yang tidak kita perlukan. Dengan mematikan Service yang tidak diperlukan ini maka kinerja sistem (apalagi kecepatan waktu start-up) akan meningkat.
—–
Disclaimer:
Go….!!!! BLOG tidak bertanggung jawab atas kerusakan yang mungkin terjadi akibat artikel ini. Lakukan dengan hati-hati dan teliti.
—-
Baik kita langsung saja. Untuk mengetahui Service-service yang terdapat di Windows silakan masuk ke MSCONFIG (Start-Run-MsConfig) dan klik tab Services:

Service yang bisa dimatikan dengan aman
Ada banyak sekali Service-service pada Windows. Sebagian besar dari Service ini akan anda butuhkan untuk menjaga kinerja Windows yang baik, tapi beberapa bisa anda matikan dengan aman.
Untuk penjelasan yang lebih detail dari masing-masing Service, langsung saja ke Services Management Tool (Start-Run-Services.msc) dan baca dengan teliti pada bagian Description, karena disitulah letak penjelasan detail mengenai service yang ada di sebelah kirinya.

Sekali lagi saya tekankan, bacalah dengan teliti pada bagian Description dan pastikan anda mengerti fungsi dari tiap-tiap Service sebelum melanjutkan ke tahap berikutnya. Dan juga mohon diperhatikan bahwa permasalahan pada sistem yang nantinya mungkin timbul besar kemungkinan berasal dari perubahan konfigurasi Service ini. Oleh karena itu setelah anda men-disable sebuah Service dan ternyata sistem menjadi error, kembalikan Service yang diubah tadi ke konfigurasi awalnya pada kolom Startup Type (Automatic, Manual atau Disabled).
Bila anda tidak yakin pada Service tertentu, maka jangan melakukan perubahan pada Startup Type-nya! Juga jangan pula mengubah semua konfigurasi Service semua sekaligus.
Oke langsung ke Service nomor 1:
Alerter
Seringnya Service ini tidak digunakan. Service ini mengeluarkan peringatan administratif lewat jaringan untuk keperluan administratif saja.
Automatic Updates
Service ini men-download dan meng-instal update Windows. Bila anda merasa tidak memerlukan Service ini, anda bisa mematikannya. Ingat bahwa situs update Windows tidak akan terbuka tanpa Service ini. Supaya bisa bekerja dengan benar, Service ini juga bergantung pada Background Intelligent Transfer Service, Event Log Service, dan Cryptographics Service.
Computer Browser
Service ini mendata semua komputer di jaringan dan bila diminta akan memberikan informasi ini pada komputer-komputer di jaringan. Ini akan membuat browsing jaringan lebih cepat. Sebenarnya tanpa Service ini anda tetap bisa browse jaringan anda. Apalagi bila komputer anda tidak berada di jaringan, Service ini sama sekali tidak diperlukan.
Distributed Link Tracking Client
Service ini hanya bisa digunakan bila file sistem anda adalah NTFS. Bila anda tidak menggunakan NTFS, Service ini bisa dimatikan. Service ini memastikan link-link file pada volume yang berbeda (kemungkinan ada di suatu jaringan) supaya tetap terhubung. Bila ada sebuah file yang dipindah ke lokasi lain, link akan ter-update oleh Service ini. Ada kemungkinan Service ini tidak diperlukan di komputer anda.
Error Reporting Service
Service ini membuat pelaporan sistem error ke Microsoft (Send error report, Dont Send..bla bla). Cukup alasan untuk mematikan Service ini.
Event Log
Service ini mencatat kejadian-kejadian pada sistem yang disimpan di log files, dan bisa dilihat dengan Event Viewer (Control Panel-Administrative Tools-Event Viewer). Walaupun anda berpikir Service ini tidak berguna, ada baiknya tetap membuat Service ini Automatic.
Fast User Switching Compatibility
Bila anda tidak perlu kemampuan berpindah cepat antar user acccounts, Service ini bisa dimatikan. Fast Switching pada user account membuat program yang terbuka bisa tetap dibiarkan tanpa harus disimpan atau ditutup dulu saat Log Off lalu Switch User.
Help and Support
Tanpa Service ini, Windows Help and Support tidak akan tersedia. Bila anda tidak perlu fitur Help and Support, ubah Service ini ke Manual
IMAPI CD-Burning COM Service
Service ini membuat burn CD bisa dilakukan di Windows Explorer (copy-paste file ke drive CD burner). Bila anda tidak punya drive CD burner service ini bisa dimatikan. Ada juga kemungkinan Service ini membuat permasalahan dengan software burning.
Indexing Service
Dengan indexing service, anda bisa mencari lebih cepat file-file yang ada di komputer. Pencarian yang lebih cepat ada kelemahannya: proses indexing melambatkan komputer. Service ini tidak diperlukan. Saya menyarankan mematikannya demi peningkatan kinerja sistem secara keseluruhan.
IPSEC-services
Mengelola kebijakan keamanan IP, kemungkinan tidak diperlukan di komputer anda.
Messenger
Service ini mengijinkan pengiriman pesan lewat jaringan (tidak berhubungan dengan Live Messenger). Fungsi ini bekerja dengan perintah berikut: NET SEND 127.0.0.1 Hello (ketikkan di Start-Run).
Service ini juga tersedia melalui internet, yang membuat kita bisa menerima pesan-pesan aneh dari internet. Cukup alasan untuk mematikannya.
NetMeeting Remote Desktop Sharing
Service ini memungkinkan mengundang orang lain untuk meng-akses komputer kita sebagai remote desktop. Service ini tidak diperlukan, demi kepentingan keamanan, anda sebaiknya mematikan Service ini.
Performance Logs and Alerts
Pembuatan log performa sistem ini mungkin melemahkan performa komputer anda. Cukup alasan untuk mematikan Service ini, terlebih lagi bila anda tidak pernah membaca log file nya.
Portable Media Serial Number Device
Service ini diperlukan untuk membaca serial number portable media player apa saja. Jika fungsi ini dimatikan, ada kemungkinan file yang terproteksi tidak bisa dibuka. Mungkin anda bisa mematikan Service ini tanpa ada akibat yang terlihat.
Print Spooler
Penting untuk pencetakan. Bila tidak ingin mencetak, matikan Service ini.
Protected Storage
Service ini menyediakan kemungkinan untuk menyimpan password (email, website..). Ingat bahwa password dapat dengan mudah diambil dengan software. Walaupun dengan kemungkinan diatas, saya lebih condong membuat Service ini pada Automatic.
Qos RSVP
QoS kemungkinan tidak diperlukan pada lalu lintas jaringan anda, jadi Service ini bisa dimatikan.
Remote Access Auto Connection Manager
Bila anda mengalami kesulitan dengan koneksi internet anda, biarkan Service ini di Automatic. Bila anda menggunakan router, Service ini bisa dimatikan.
Remote Desktop Help Session Manager
Bila anda tidak perlu pertolongan secara remote (orang lain mengendalikan komputer anda dengan undangan anda), Matikan Service ini.
Remote Registry
Berterimakasihlah pada Service ini, karena dengan Service ini pengguna luar bisa melakukan perubahan pada registry melalui jaringan. Pilihan ini tidak aman, oleh karena itu lebih baik mematikannya.
Routing and Remote Access
Bila orang lain tidak perlu men-dial dari luar ke komputer anda, matikan Service ini.
Security Center
Windows XP SP2 menyediakan Security Center. Dia akan memantau sistem keamanan komputer anda (update windows, firewall dan virus scan). Bila ada sesuatu yang tidak bekerja dengan benar, anda akan diberitahu terus menerus olehnya. Masak sih tidak bisa menyelesaikan permasalahan trio sistem keamanan diatas? Matikan saja.
Server
Service untuk membagi (sharing) file lokal dan printer dengan komputer lain di jaringan. Bila tidak perlu men-share, matikan Service ini.
Shell Hardware Detection
Penting untuk otomatisasi memainkan perangkat yang terhubung (memory card, CD/DVD)
Smart Card
Tidak ada alasan menyalakan Service ini bila anda tidak menggunakan Smart Card (contoh untuk keperluan telebanking).
System Event Notification
Hampir tidak pernah digunakan. Biarkan Service pada Automatic bila anda punya komputer berjaringan atau PC portabel. bila tidak, matikan saja.
System Restore Service
Service ini memungkinan sistem dikembalikan ke tanggal sebelumnya bila ada kesalahan serius. Service ini memakan banyak performa sistem sementara System Restore tidak selalu berfungsi dengan benar. Mematikan Service ini adalah nafas lega bagi performa sistem!
Task Scheduler
Service ini mengaktifkan penjadwalan otomatis tugas-tugas sistem (seperti download update anti virus periodik). Banyak aplikasi memerlukan Service ini, saya lebih condong membiarkannya di Automatic
Themes
Bila tidak perlu tampilan cantik XP, matikan Service ini atau di Automatic-kan saja.
Windows Audio
Perlu untuk memainkan suara.
Windows Firewall (ICF)/Internet Connection Sharing (ICS)
Service ini menyediakan fungsi firewall untuk koneksi internet anda. Matikan bila anda memakai software firewall lain (jangan online tanpa firewall!). Selain fungsi firewall, Service ini juga menyediakan fungsi membagi koneksi internet dengan komputer lain, yang mana tidak perlu bila jaringan anda sudah menggunakan router.
Windows Installer
Diperlukan untuk menginstal file setup MSI. Jangan mematikan fungsi ini, nantinya update Windows tidak akan dapat terinstal.
Windows Time
Bila anda ingin mencocokkan jam komputer secara manual, matikan saja Service ini.
Wireless Zero Configuration Service
Diperlukan untuk konfigurasi otomatis koneksi wireless anda. Bila tidak punya adapter jaringan wireless, matikan saja Service ini.
WMI Performance Adapter
Tidak perlu informasi performa. Matikan saja.
—————————————
Startup/shutdown yang lambat
Apakah startup dan shutdown komputer anda memakan waktu lama? Kemungkinan anda tidak akan mendapat jawabannya di bagian Services. Software tambahan seperti software keamanan juga menjalankan Service, yang juga melambatkan komputer. Periksa Service non-Microsoft.
Kemungkinan lain penyebab lambatnya proses shut down Windows adalah proses pembersihan page file (bila diaktifkan. Secara default opsi ini adalah tidak aktif/disabled). Mematikan fungsi pembersihan page file dilakukan di registry:
HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\ Control\Session Manager\Memory Management
Ubah nilai DWORD ClearPageFileAtShutdown ke 0
Oke itu saja dulu. Sampai jumpa di lain waktu ^^

Tidak ada komentar: